Desain Promosi, Digital Marketing, Digital Printing, Offset

Selamat Datang Di Blog AR Design

Minggu, 08 April 2018

Kenapa cetak undangan full colour lebih mahal ?

Dalam pembuatan undangan pernikahan, urusan tenik cetak penting untuk diperhatikan. Karena teknik cetak setiap undangan berbeda undangan satu dengan undangan lainnya. Dan teknik cetak ini pula lah yang juga sangat mempengaruhi harga sebuah undangan pernikahan. 

CMYK, Cyan+Magenta+Yellow+Black paduan warna cikal bakal untuk hasil cetakan fullcolor . 

Cetak Fullcolor : adalah teknik cetak dengan hasil serupa dengan gambar aslinya. Atau boleh dikatakan seperti foto berwarna. Teknik cetak sparasi full color ini terdiri dari 4 warna yang digabungkan dengan teknik sparasi, kemudian menghasilkan cetakan berwarna layaknya foto berwarna.
Penting diperhatikan, untuk cetak sparasi fullcolor harga untuk sebuah undangan cenderung lebih mahal. Mengapa? karena pada dasarnya, fullcolor melalui proses 4 kali naik cetak. Ini berbeda dengan undangan 1 warna yang harganya lebih murah dari pada fullcolor. Untuk 1 warna nanti akan saya jelaskan dibawah.

Kenapa 4 kali naik cetak? Yuk kita urai satu persatu…

Anda pernah melihat cara kerja printer kan..? dimana printer warna memiliki tinta MAGENTA, CYAN, YELLOW, dan BLACK. Dalam prosesnya, sekilas kerja printer berwarna ini hanya melakukan 1 kali proses cetak, kemudian hasil print berwarna pun telah tercipta.

Sebenarnya, printer ini melakukan yang namanya sparasi. hanya saja kita tidak melihat saat printer melakukan pekerjaannya itu. Printer akan mencetak 1 persatu dari 4 warna tersebut diatas dan akan menghasilkan warna seperti apa yang ada dalam file. Jika file yang di print adalah hitam dan putih makan hasilnya juga hitam dan putih. Begitu juga jika file berwarna hasil print juga akan berwarna.

Dalam Cetak sparasi Fullcolor berlaku hal yang sama. Full color dicetak melewati proses 4 kali proses naik cetak yaitu yang sering disingkat menjadi CMYK. Jadi untuk menghasilkan cetakan berwarna maka prosesnya adalah Cetak warna Cyan. + Cetak warna Magenta + Cetak Yellow + Cetak Warna Black.
CMYK adalah warna dasar untuk menciptakan hasil warna terbaik untuk hasil cetak sparasi fullcolor. Artinya, Film Sparasi dan Plat cetak terdiri dari 4 buah. Ini sangat berbeda dengan cetakan 1 warna yang hanya membutuhkan 1 saja film sparasi ,1 plat master cetak dan 1 kali saja melewati proses naik cetak.
Itu mengapa harga undangan pernikahannya dengan teknik fullcolor menjadi lebih mahal. Karena proses dan segala keperluan untuk menghasilakan cetakan berwarna menjadi 4 kali. Berbeda dengan cetakan 1 warna yang tidak membutukan serba 4 kali.

Share:

0 komentar:

AR DESIGN SAHABAT PROMOTOR ANDA

AR DESIGN SAHABAT PROMOTOR ANDA

Informasi :

HP / Call : 0812 6403 1579
Wa / Call : 0815 3175 799
Email : percetakanardmedan@gmail.com
Office : Jl. Pasar 1 No. 46 Setia Budi, Medan

Silahkan bertanya dengan mengisi form dibawah ini :

Nama

Email *

Pesan *